Pengertian Endometriosis: Dikenal Sebagai Penyebab Kemandulan

Terdapat satu kondisi medis yang termasuk dalam kategori penyakit dan sering kali menyerang para wanita di hampir semua negara. Penyakit tersebut adalah endometriosis. Mungkin beberapa dari Anda masih merasa asing dengan penyakit tersebut, sehingga bertanya-tanya tentang pengertian endometriosis itu sendiri.

Mencari Tahu Maksud Dari Kondisi Medis Endometriosis

Pastinya para wanita mengalami masa menstruasi, dan Endometriosis ini berkaitan dengan hal tersebut. Jadi sebelum masa menstruasi datang biasanya endometrium pada rahim Anda akan menebal untuk menjadi tempat menempelnya sel-sel telur yang telah dibuahi, dan biasanya endometrium tersebut akan lurus lalu keluar dari tubuh yang mana menjadi darah menstruasi. Kondisi tersebut biasanya terjadi jika Anda tidak sedang hamil.

Nah, tetapi berbeda cerita jika Anda mengalami endometriosis. Sebab, jaringan endometrium yang ada di luar rahim Anda ternyata juga ikut menebal tetapi tidak bisa luruh dan keluar dari tubuh. Sehingga pada akhirnya akan menimbulkan beberapa keluhan yang biasanya berupa nyeri, dan dipercaya oleh kebanyakan orang bisa menyebabkan kemandulan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini terkait dengan pengertian endometriosis.

Pengertian dan Penyebab Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita, yang mana terdapat pertumbuhan sel endometrium (lapisan permukaan rahim) yang abnormal. Endometriosis digambarkan dalam suatu kondisi dimana jaringan lapisan permukaan rahim tumbuh di luar area rahim, mengendap, dan bisa menyebabkan iritasi pada jaringan di sekitarnya.

Endometriosis ini biasanya ditemukan dan tumbuh pada beberapa organ tubuh, seperti bagian dalam panggul yang berada di belakang rahim, indung telur, usus, saluran sel telur (tuba fallopi), dan beberapa organ lainnya yang menutupi bagian atas vagina.

Penyakit endometriosis ini sebagian besar menyerang wanita yang memiliki usia di sekitar 25 hingga 40 tahun. Untuk penyebab dari terjadinya endometriosis itu sendiri juga belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa teori yang mengatakan bahwa endometriosis dapat disebabkan oleh,

  • Tingginya hormon estrogen
  • Sistem kekebalan tubuh
  • Keturunan
  • Adaptasi sel tubuh terhadap area organ
  • Paparan lingkungan

Gejala yang Ditimbulkan Oleh Endometriosis

Untuk membantu dalam mengetahui apakah Anda terkena penyakit endometriosis atau tidak, bisa melihat dari beberapa gejala yang ditimbulkannya. Hal ini dikarenakan pengertian endometriosis mengatakan bahwa kondisi ini berkaitan dengan sistem reproduksi atau rahim Anda yang mana bisa memunculkan rasa sakit ketika sedang mengalami menstruasi hebat. Berikut beberapa gejala yang ditimbulkan:

  • Merasa nyeri cukup kuat pada bagian panggul selama masa menstruasi
  • Merasa sakit ketika buang air kecil dan besar
  • Rasa sakit juga akan timbul ketika berhubungan intim
  • Perut terasa kembung
  • Rasa mual juga kerap kali muncul
  • Terkadang juga disertai dengan diare
  • Terjadi pendarahan di luar dari siklus atau masa menstruasi
  • Pada saat menstruasi, volume darah yang dihasilkan/dikeluarkan sangat berlebih

Cukup banyak dan beragam gejala yang ditimbulkan oleh endometriosis, dan kebanyakan akan membuat Anda para wanita merasa sakit pada bagian bawah perut, punggung bagian bawah. Bahkan banyak yang percaya bahwa endometriosis bisa menyebabkan infertilitas atau kemandulan (masala kesuburan).

Tetapi perlu Anda ingat bahwa tidak selamanya atau tidak selalu rasa sakit pada masa menstruasi itu menandakan bahwa Anda mengalami penyakit endometriosis. Sebab rasa sakit ketika masa menstruasi juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Jadi sebaiknya Anda pahami kembali pengertian endometriosis itu sendiri, agar tidak menyalah artikan kondisi yang sedang dialami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *